Makanan yang Haram Dimakan Mentah, Telur Termasuk Juga !!


Menyantap makanan ternyata tidak boleh sembarangan. Memang, terdapat beberapa makanan yang aman disantap dalam keadaan mentah, namun tidak semua. 

Ada juga makanan yang justru menjadi bahaya jika disantap mentah. Jadi sangat haram apabila Anda konsumsi saat mentah, dan tentu mengakibatkan Anda penikmatnya mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

Ayam

Ini bahayanya mengonsumsi ayam yang setengah matang

Daging ayam tidak boleh disantap dalam keadaan setengah matang, apalagi mentah. Banyak bakteri yang menempel dalam ayam mentah sehingga tak aman jika disantap langsung. Bakteri akan mati jika ayam dimasak hingga matang setidaknya dengan suhu 165 derajat Celsius. Cara pemanasan ayam ini bisa membuat bakteri mati dan ayam aman untuk dimakan. 

Sayuran chaya


Di Yucatan, chaya termasuk makanan super. Chaya yang berupa daun ini adalah makanan favorit bangsa suku Maya. Chaya mirip seperti bayam tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih besar.
Chaya termasuk salah satu makanan yang berbahaya jika disantap dalam keadaan mentah karena mengandung racun sianida yang cukup tinggi dan bisa berefek pada kematian. Tapi racun ini akan hilang saat chaya sudah dimasak, setidaknya merebus sekira lima menit untuk menetralkan toksin.

Singkong


Sama halnya seperti chaya, singkong juga mengandung racun sianida atau glikosida sianogen tepatnya. Tingginya kadar toksin ini yang menyebabkan singkong tak boleh serta merta dimakan dalam keadaan mentah tanpa diolah terlebih dahulu.
Singkong bisa dimasak dengan berbagai cara, sebaiknya langsung masak singkong sesaat setelah panen.

Telur


Telur dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi tapi sebaiknya telur disantap dalam keadaan sudah diolah atau dimasak. Telur mentah kemungkinan mengandung salmonella, bakteri yang menginfeksi telur yang berasal dari kotoran.

Kentang yang sudah kehijauan


Kentang yang matang memang menghasilkan tekstur lembut dan enak, tapi tidak bagi kentang yang terlampau tua dan mulai berubah warna. Kentang berkualitas bagus umumnya memiliki warna kecoklatan yang merata, jika bagian kulit kentang berubah menjadi kehijauan sebaiknya jangan menyantapnya karena ini merupakan zat beracun. Jika nekat memakannya maka beberapa efek akan muncul seperti sakit kepala, kelelahan, mual dan masalah pada sistem pencernaan.

Sumber : Republika

Related Posts