Mengubah Mood Menjadi Lebih Baik


Seringkali mood tiba-tiba menjadi jelek, entah itu karena pekerjaan, rutinitas, atau hubungan percintaan yang membosankan. 

Namun mengubah mood menjadi baik sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan tahu bagaimana cara menghadapinya. Dengan sekejap dan menyenangkan, mood bisa kembali bagus. Berikut di antaranya.

Bernafaslah panjang-panjang


Salah satu penyebab mood buruk dikarenakan marah. Biasanya kalau sedang marah, nafas menjadi tidak teratur. Untuk meredamnya, bernafaslah panjang-panjang sebanyak sepuluh atau dua puluh kali. Lalu duduklah dengan tenang, santai dan tersenyumlah. Klise tapi tetap manjur.

Meditasi


Ketika semua di luar riuh dan serba cepat, cobalah bermeditasi. Ambil lokasi yang menenangkan, sendirian, entah itu di ruang kamar, atau taman. Lima menit meditasi minimal akan menenangkan.

Berjalan kaki di bawah sinar matahari


Bukan berpanas-panasan, tetapi berjalan dengan menikmati alam, bisa di taman dan di bawah terpaan sinar matahari yang tidak begitu menyengat. Sederhananya, cobalah menikmati momen matahari terbit dengan warna langitnya yang bercahaya, lalu hiruplah udara dalam-dalam.

Alihkan perhatian dan segera lupakan


Segeralah mengalihkan perhatian ke masalah-masalah lain yang lebih menyenangkan. Pikirkan tentang rencana liburan minggu depan atau ingat kembali peristiwa mengasyikkan sebelumnya ketika bertemu teman baru atau hal lain yang ingin dilakukan

Hadapi rasa takut


Saat mencoba permainan di dunia fantasi seperti Historia atau Kora-kora, Anda menghadapi rasa takut sekaligus bahagia setelahnya. Nah, ketika ada ketakutan menghampiri Anda, hadapilah. Buang pikiran negatif bahwa Anda tidak mampu, karena sebenarnya Anda bisa menuntaskannya.

Manjakan diri sendiri


Tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri. Lakukan apa yang Anda sukai, entah itu berbelanja, menikmati yoghurt, frappucino, camomile tea, atau apa saja yang membuat Anda merasa nyaman. Percayalah, ada salah satu dari faktor memanjakan diri ini yang akan membuat mood menjadi bagus.

Mendengarkan musik


Musik memang mempunyai energi yang dahsyat. Ambilah headphone dan segeralah putar musik dari artis yang paling disuka. Nikmati sensasi bunyi dari alat-alat musik yang mempesona itu. Atau sensasi suara penyanyinya. Dijamin mood yang buruk pelan-pelan akan berubah menjadi netral kemudian menjadi baik.

Secangkir cokelat hangat


Tidak ada yang lebih menyenangkan bila bisa menikmati secangkir cokelat hangat. Cairan panas yang terasa mengalir di dalam tubuh ketika Anda menyeruputnya pertama kali, rasanya tiada bandingannya.

Menulislah


Mengekspresikan perasaan ke dalam tulisan memang sudah diyakini bisa membuat seseorang menjadi fresh. Karena semua beban yang ada di kepala bisa ditumpahkan tanpa perlu adanya kekhawatiran. Simpanlah tulisan tersebut ke sebuah folder tersendiri dan bukalah dan baca lagi suatu hari nanti. Kelak tulisan anda akan berubah menjadi sebuah kisah masa lalu yang lalu.

Curhat


Berbagi cerita dengan teman akan melepaskan rasa penat dan beban berat di pundak. Cobalah kontak atau ajak hang out teman-teman Anda.

Nikmati alam


Pernah mencoba memperhatikan alam di sekitar, seperti pohon, warna langit, atau kucing-kucing yang berlarian? Jika Anda ke taman lalu melihat kupu-kupu, cobalah amati barang sebentar. Menikmati alam, entah itu hewan atau pun bunga, akan membuat mood Anda positif.

Berbagai Sumber

Related Posts