Desain Kamarmu Sambil Berhemat


Banyak orang kebingungan jika sudah disuruh merenovasi interior kamar. Selain karena keterbatasan waktu dan biaya, ide adalah kendala utama yang seringkali dihadapi.

Ya, bagaimana cara renovasi interior kamar supaya indah dan cantik? Saya kan bukan lulusan desain interior. Mungkin pikiran seperti itu yang tertanam di dalam benak banyak orang.

Tidak bisa dipungkiri, memang, mendesain ulang interior kamar butuh kejelian dan keterampilan tersendiri. Jika tidak pandai-pandai mendesain, bisa jadi “bencana” menghampiri Anda ketika hendak mereka ulang interior kamar.

Ruangan yang terlihat menyempit atau paduan warna yang kurang pas adalah contoh “bencana” yang sering dialami.

Namun, untungnya, kini Anda tidak perlu menyewa jasa desainer interior ternama untuk menghasilkan kamar yang cantik. Pasalnya sekarang banyak cara mudah bisa dilakukan untuk memperindahnya.

Selain hemat biaya, waktu dan praktis, tiga cara mudah ini sudah sering orang-orang lakukan di mana saja. Anda tidak perlu khawatir hasilnya tidak sesuai harapan.
Asal mengikuti petunjuk dengan baik, interior kamar bisa tampil lebih cantik dan segar tanpa perlu keluar banyak biaya.

Penasaran apa saja yang sering dilakukan orang-orang biasa supaya kamarnya lebih cantik? Ikuti 3 panduannya di sini.

Ubah Barang Bekas Jadi Berkelas

Tidak selamanya barang bekas mendapat tempat di tong sampah. Di tangan orang-orang kreatif, barang bekas bisa jadi berkelas berkat sentuhan yang dipancarkannya.

Begitu pula dengan interior kamar. Berbagai macam barang bekas seperti tutup botol, kertas lipat, gantungan jemuran, atau bahkan botol bisa jadi perkakas yang mempercantik tampilan kamar Anda.
Misalnya Anda suka harum aromaterapi yang membuat suasana kamar lebih rileks. Tutup botol bisa menjadi pilihan di sini.

Tinggal bersihkan tutup botol yang Anda inginkan dan letakkan lilin aromaterapi di sana. Kemudian tempatkan di sudut-sudut kamar yang kiranya mampu mengharumkan ruangan secara efektif.
Sudah harum, tampilan kamar pun lebih cantik dengan sederhana.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Namun, jika Anda menyukai kenangan dari hal-hal sepele, memajang foto-foto indah bersama keluarga merupakan jawabannya. Keluarkan foto-foto berkesan dari album, jepit memakai gantungan jemuran, dan letakkan secara proporsional di atas tempat tidur Anda.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Selain foto yang dijepit menggunakan gantungan jemuran, interior kamar Anda juga bisa indah berkat gantungan kertas lipat berwarna-warni yang berbentuk bangau. Ini lebih cocok diterapkan pada kamar Si Kecil.
Dengan gantungan seperti ini, sudah pasti Si Kecil akan lebih nyaman dan nyenyak tidurnya karena dikelilingi suasana kamar yang baru.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Meski demikian, gantungan kertas lipat ini juga cocok diterapkan di kamar tidur Anda. Tinggal sesuaikan saja bentuk dan penempatannya. Misalnya kertas lipatnya dibentuk menjadi bunga dan ditempakan sebagai tirai jendela.

Yang Kosong, Yang Berisi

Layaknya spasi dalam kalimat, ruang kosong diperlukan ketika merancang konsep interior kamar. Ruang kosong tersebut berguna sebagai “jeda” yang membuat aura dan suasana kamar tidak terasa sumpek dan pengap.
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menata ulang penempatan lemari, tempat tidur, meja rias, atau meja belajar. Usahakan semua itu terletak proporsional sesuai ukuran kamar. Pastikan orang-orang tidak tersandung atau kesulitan berjalan di sela-sela perabotan tersebut.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Namun, bagaimana jika ukuran kamar Anda kecil? Nah, ini dia yang sering menjadi persoalan. Seringkali ukuran kamar yang kecil seperti dalam rumah tipe 36, apartemen, atau kost-kostan menjadi penghalang utama kamar lebih cantik dan rapi.

Untungnya ruang kosong lagi-lagi bisa menjadi solusi. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong sebagai tempat penyimpanan barang, seperti sepatu, tas, buku, atau bahkan pakaian.
Sekarang sudah banyak tempat tidur yang memiliki laci penyimpanan di bagian bawahnya. Itu dapat dimanfaatkan sebagai lemari.

Selain itu, beberapa ruang kosong yang ada di dalam sudut sempit juga bisa diolah menjadi tempat penyimpanan. Misalnya rak buku, gantukan handuk atau pakaian, sepatu, hingga sekadar tempat duduk untuk bersantai.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Stiker-Stiker di Dinding
Jika anak kecil sering dinyanyikan lagu ‘’Cicak-Cicak di Dinding”, kenapa tidak menerjemahkannya ke dalam konsep interior kamar Anda? Tentu yang digunakan bukan hewan hewan hijau tua yang berukuran kecil tersebut, tapi stiker alias gambar tempel.

Sudah bukan rahasia lagi sekarang banyak kamar terlihat lebih cantik berkat stiker dinding unik. Mulai dari yang bermotif gambar pemandangan indah sampai tokoh kartun yang populer di televisi. Semua itu bisa digunakan menyiasati dinding kamar yang polos.

Stiker dinding menarik tersebut bisa jadi solusi tepat bagi Anda yang ingin kamarnya penuh aura positif. Pasalnya, sebagian stiker dinding tersebut memiliki motif warna-warna cerah, terang, dan ceria.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Namun, jika Anda ingin mendesain interior kamar tidur dengan suasana yang tenang dan adem, stiker dinding juga bermanfaat kok. Tinggal pilih saja stiker dinding berwarna hijau redup, salem, cokelat, atau warna-warna gelap lainnya.

Selain membuat kamar tidur lebih nyaman dan tenang, beberapa stiker dinding juga bisa menyala dalam kegelapan alias glow in the dark. Waktu tidur Anda pasti lebih berkualitas dan (mungkin) romantis.

Mau Desain Kamar Sambil Berhemat? 3 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa

Pada intinya, ketiga cara tadi hanyalah panduan sederhana agar tampilan interior kamar menjadi lebih indah. Banyak pula cara-cara lainnya yang bisa dilakukan. Anda bisa mengolahnya menjadi lebih kreatif dengan sentuhan personal yang kuat.

Apalagi cara mendapatkan perkakas untuk mendesain interior kamar semakin mudah sekarang. Anda tidak perlu jauh-jauh ke toko material untuk membelinya.
Dengan belanja online di situs e-commerce kesayangan, misalnya, Anda bisa mendapatkan perkakas dan barang interior kamar dengan cepat, murah, dan praktis. Berbagai promo menarik pun bisa didapatkan secara cuma-cuma di sana.

Nah, kira-kira, dengain tiga ide dan konsep interior kamar yang dijabarkan tadi, apa Anda sudah siap mendesain ulang interior kamar menjadi lebih cantik?

Namun, jangan sampai dilupakan juga kebersihan dan kerapihan kamar, ya. Selain membuatnya tampil menarik, Anda juga memiliki kewajiban untuk membuat kamar menjadi bersih dan nyaman agar keluarga selalu sehat dan bahagia.
Sumber Tribunnews

Related Posts